na INLIS000000000002689 20230126032850 0010-0621002289 230126 g 0 ind Laporan Penelitian : Peran Guru Sekolah Dasar Sebagai Pelaksana Bimbingan Dan Konseling Di Kota Metro Wisnutomo, Triyono Metro : UMM, 2004 74 hlm. ; 29 cm. D.371.120 72 WIS l STUDI TENTANG PERAN GURU SEKOLAH DASAR SEBAGAI BIMBINGAN DAN KONSELING DI KOTA METRO TAHUN 2004Sekolah Dasar sebagai sekolah formal yang pertamu dan utamu bagi para siswa untuk mendapatkan pendidikan di luar keluaraga. Oleh karena itu banyak permasalahan permasalahan siswa yang harus diselesaikan, misalnyu masalah penyesuian diri, cara belajar, pengaruh keluarga, bahkan pengaruh lingkungan musyarukal yang kurang sehat. Apubila masalahmasalah ini dibiarkan (Ian tidak nzendaputkun penyelesaian secara cepat inaka sekolah akan beruhah fungsinya sebagai tempat untuk mengembangkan kecerdasan dan pembentukan dasar dari kepribadian tetapi menjadi sumber kenakalan yang akan menghancurkan masa depan anak dan bangsa. Oleh karena itu disekolah perlu difungsikan dan dikelola secara professional program Bimbingan dan Konseling (BKj. Sebab BK sebagai varibel penyerta, yang menentukan tercapainya tujuan pendidikan di sekolah. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan berbagai alasan, pertama, peneliti ingin metnperoleh data fenomena dan perilaku guru disekolah secara langsung. Kedua, peneliti ingin mendapatkan informasi yang berkaitan dengan peran guru sebagai pembimbing, dalam berkomunikasi guru dengan siswa, pembelajaran yang bernuansa membimbing dan ketumpuan guru dalam membimbing dan memecahkan masalah yang sedang dihadapi oleh para siswa. Oleh karena itu pendekatan ini dianggap peneliti yang poling tepat karena dengan observasi langsung, wawancara dari hati-hatian akan mendapatkan hasil dan informasi yang akurat. Hasil dari penelitian ini adalah : Para guru SD Negeri I Metro pusat telah memiliki karakter dan kebiasaan sebagai pembimbing walaupun masih dalam tahap awal (masih rendah).(libra) D.371.120 72 Guru Konseling Penelitian 024235