01765 2200229 4500001002100000005001500021035002000036008004100056245007300097100002000170260004000190300002300230020001800253084001700271520117000288082001101458650002101469650001201490990001101502990001101513990001101524INLIS00000000000265820220323091705 a0010-0621002258220323 g 0 ind 1 aSurau :bPendidikan Islam Tradisional Dalam Transisi Dan Modernisasi1 aAzra, Azyumardi aJakarta :bLogos Wacana Ilmu,c2003 a174 hlm. ;c21 cm. a979-626-137-5 a297.64 AZR s aSURAU. Surau, sebagai lembaga pendidikan Islam di Minangkabau, Sumatera Barat, tetap menjadi bagian integral dari collective memory orang-orang Minang secara keseluruhan. Wacana tentang surau tetap hadir dalam masyarakat Minang, baik di ranah Minang sendiri maupun di rantau.Pembicaraan tentang surau semakin menghangat ketika program otonomisasi mulai ditcrapkan. Surau, dalam konteks otonomisasi, dipercaya masyarakat Minang dapat membangkitkan batang tarandam, yakni melahirkan ulama-ulama besar, seperti pernah dihasilkan surau di masa silam.Buku ini ingin melihat viabilitas surau di tengah ekspansi pesantren di Sumatera Barat yang sebenarnya telah tumbuh dan berkembang pesat di pulau Jawa dalam dasawarsa terakhir. Untuk memperkaya terna bahasan, dalam buku ini juga disertakan makalah-makalah yang memuat pemikiran terkini penulis tentang surau.Kajian buku ini terfokus pada lembaga pendidikan tradisional masyarak , Minang. Buku ini penting dibaca oleh kalangan pendidik,sejarawan, tokoh agama, dan masyarakat umum, karena di dalamuya terekam bagaimana wajah sistem pendidikan tradisional di Indonesia dalam menyongsong modernisasi dan masa-masa transisi. a297.64 4aPendidikan Islam 4aSejarah a036601 a036599 a036600