03268 2200253 4500001002100000005001500021035002000036008004100056245007200097100001700169260004100186300002300227020001800250084001400268520263600282082000802918650001902926650001402945990001102959990001102970990001102981990001102992990001103003INLIS00000000000019820220719083306 a0010-0521000198220719 0 ind 1 aMencerna Buku Teks Bahasa Ingris Melalui Pemahaman Bentuk Gramatika1 aWiratno, Tri aYogyakarta :bPustaka Pelajar,c2002 a193 hlm. ;c21 cm. a979-9483-97-2 a421 WIR m aMencerna buku teks Bahasa Inggris melalui pemahaman GramatikaBuku ini disusun terutama untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa di universitas, institut, atau akademidalam mencerna buku teks yang ditulis dalam bahasa Inggris. Hal ini sejalan dengan tujuan mata kuliahbahasa Inggris di lembaga-lembaga Pendidikan tinggi tersebut, yaitu mempersiapkan mahasiswa agar dapat membaca dan memahami buku teks bahasa Inggris yang berhubungan dengan bidang keilmuarmya . Mata kuliah bahasa Inggris mempunyai kedudukan dan peranan yang sangat penting dalam mencaPai tujuan institusional perguruan tinggi atau akademi. Akan tetapi, kenyataan bahwa sebagian besar mahasiswa masih menghadapi kesulitan dalam membaca dan memahami buku-buku yang ditulis dalam Bahasa Inggris. Padahal, kenyataan pula bahwa sebagian besar buku ilmu pengetahuan dan teknologi yang tersedia di perpustakaan ditulis dalam Bahasa Inggris. Oleh sebab itu, agar mahasiswa dapat menyerap ilmu pengetahuan dan teknologi, ia harus menguasai pengetahuan dasar Bahasa Inggris. seiring dengan tujuan Mata Kuliah Bahasa Inggris di atas, materi pada buku ini telah disusun sedemikian rupa sehingga mahasiswa akan mendapatkan berbagai teknik dalam mencerna kalimat, paragraf , dan perangkat-perangkat bahasa lain yang berkaitan dengan pemahaman makna teks di dalam buku-buku ilmiah.Untuk memudahkan mahasiswa dalam memahami makna teks, buku ini juga dilengkapi dengan uraiantentang teknik membaca buku dan teknik menerjemahkan teks. Materi yang disajikan di dalam buku ini merupakan materi yang dikembangkan dari bahan-bahan pegangan kuliah yang telah penulis susun dan gunakan untuk mengajarkan Bahasa Lrggris di beberapa universitas, institut, dan akademi. Selain itu, materi buku ini juga telah disesuaikan dengan perkembangan pendekatan ilmu bahasa mutakhir dengan mendasarkan diri pada Kurikulum 1995 yang diberlakukan di perguruan tinggi dan akademi di seluruh Indonesia. Meskipun buku ini disusun terutama untuk memenuhi kebutuhan para mahasiswa di perguruantinggi atau akademi, buku ini dapat juga dimanfaatkan oleh para akademisi yang akan mendalami BahasaInggris akademid atau siapa saja yang akan mempersiapkan diri untuk mencerna dan memahami bukuteks yang ditulis dalam Bahasa Inggris. Penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada berbagai pihak yang ikut andil dalam penulisan buku ini, khususnya para mahasiswa di beberapa universitas, institut, dan akademi yang telah memberikan tanggapan secara.kritis ketika bab demi bab buku ini masih digunakan sebagai bahan perkuliahan. Tanpa kehadiran mereka, buku ini tidak akan terwujud sebagaimana yang telah tersaji sekarang. a421 4aBahasa Inggris 4aGramatika a011517 a011518 a011519 a011520 a011521