02041 2200217 4500001002100000005001500021008004100036020001800077035002000095082001100115084001700126100001700143245003300160260004300193300002300236520150500259650002001764650001701784990001101801990001101812INLIS00000000000002420211206103910211206 0 ind  a979-8125-06-1 a0010-0521000024 a370.01 a370.01 ARI i1 aArifin, H.M.1 aIlmu Perbandingan Pendidikan aJakarta :bGolden Terayon Press,c2003 a145 hlm. ;c21 cm. aILMU PERBANDINGAN PENDIDIKANDengan terbitnya buku `ILMU PERBANDINGAN PENDIDIKAN` ini, maka bertambahlah kepustakaan tentang ilmu yang relatif baru ini. Dengan mempelajari ilmu perbandingan pendidikan, para mahasiswa dan siswa, serta para peminat bidang kependidikan semakin mendapatkan perluasan cakrawala pemikiran tentang seluk-beluk kependidikan yang diperlukan OLeh umat manusia. Di samping itu, ilmu perbandingan pendidikan yang saat ini telah dijadikan disiplin ilmu di lingkungan lembaga kependidikan di tingkat menengah dan tinggi (universitas) akan terus berkembang dengan tersedianya buku-buku yang membahas ilmu tersebut. Mengingat bahwa buku-buku tentang ilmu perbandingan pendidikan sangat besar manfaatnya dalam rangka membina saling pengertian antar bangsa yang bercita-cita ingin nnemajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan Bangsa. Dengan mempelajari sistem pendidikan yang berbeda-beda dari berbagai bangsa maka kita sebagai negara berkembang akan dapat memetik hikmah dari pengalaman-pengalaman bangsa lain bagi usaha penyempurnaan dan pembaruan sistem pendidikan yang sedang kita laksanakan. namun perlu disadari, bahwa keberhasilan suatu sistem pendidikan pada hakikatnya ditentukan oleh kepribadian bangsa mu sendiri, yang diperkaya dengan pengalaman dari bangsa lain. Pendek kata, masalah kependidikan bagi suatu bangsa yang Ingin berhasil dalam membangun dirinya, haruslah terbuka bagi gagasan baru dari luar, yang bermanfaat bagi kehidupannya kelak di masa depan. 4aIlmu Pendidikan 4aPerbandingan a017185 a017186