na INLIS000000000020362 20230214112033 0010-0223000061 ta 230214 g 0 jpn 370.2 370.2 SAR m Sardy, Martin Pengarang Mencari Identitas Pendidikan : Kumpulan Karangan viii + 90 halaman ; 21 cm Pendidikan 90 halaman Mencari Identitas Pendidikan Kalau kita mengamati fenomena pendidikan, maka tampaklah bagi kita bahwa pendidikan itu merupakan konsientisasi diri sebagai manusia, dan pendidikan itu harus mampu membuat manusia semakin manusiawi. Dengan demikian pendidikan itu mempunyai nilai positip bagi diri manusia yang dididiknya Dengan kata lain, pendidikan itu harus bisa membuat sadar siapakah sebenarnya dirinya itu. Di samping itu dengan pendidikan diharapkan juga akan memberikan aspek pengetahuan, ketrampilan, serta keilmuan, sehingga semakin lama semakin matanglah manusia yang mendapat pendidikan itu. Meski belum merupakan 'senjata' yang paling ampuh, namun pendidikan memberikan sekurang-kurangnya dasar bagi perkembangan kemanusiaan. Selain itu pendidikan juga mempunyai segi sosial. Di samping membuat mampu untuk memperjuangkan kepen- tingan orang lain, pendidikan ternyata bisa membunuh orang lain. Dari sinilah jelas bahwa pendidikan itu mempunyai nilai positip dan negatip bagi orang lain. Dengan pendidikan diharapkan orang akan menjadi semakin menusiawi, tetapi juga dapat sebaliknya, Kedwiartian itulah yang membuat pergumulan mengenai masalah pendidikan sebagai ilmu yang tak pernah selesai dan bahkan cenderung semakin rumit menjadi bertambah menarik, karena pendidikan itu menyangkut eksistensi manusia. Bagi kita banga Indonesia hal ini jelas, sebab dari jaman pra kemerdekaan hingga sekarang, masalah pendidikan tiada hentinya diper- soalkan, Dari persoalan-persoalan pendidikan yang pernah muncul, kita belum mengerti bagaimana persisnya Identitas pendidikan itu sendiri, Nah, ini mau mencoba menyajikan kepada pembaca mengenai masalah: MENCARI IDENTITAS PENDIDIKAN. Bandung : Alumni, 1981 rdacontent Teks rdamedia Tanpa Perantara rdacarrier Lembar 068303