02315 2200241 4500001002100000005001500021007000300036008004100039035002000080082001000100084001600110100002900126245005400155264002900209300003100238336002100269337003000290338002300320504001500343520168900358650001502047990001102062INLIS00000000002036220230214112033ta230214 g 0 jpn  a0010-0223000061 a370.2 a370.2 SAR m1 aSardy, MartinePengarang1 aMencari Identitas Pendidikan :bKumpulan Karangan aBandung :bAlumni,c1981 aviii + 90 halaman ;c21 cm 2rdacontentaTeks 2rdamediaaTanpa Perantara 2rdacarrieraLembar a90 halaman aMencari Identitas Pendidikan Kalau kita mengamati fenomena pendidikan, maka tampaklah bagi kita bahwa pendidikan itu merupakan konsientisasi diri sebagai manusia, dan pendidikan itu harus mampu membuat manusia semakin manusiawi. Dengan demikian pendidikan itu mempunyai nilai positip bagi diri manusia yang dididiknya Dengan kata lain, pendidikan itu harus bisa membuat sadar siapakah sebenarnya dirinya itu. Di samping itu dengan pendidikan diharapkan juga akan memberikan aspek pengetahuan, ketrampilan, serta keilmuan, sehingga semakin lama semakin matanglah manusia yang mendapat pendidikan itu. Meski belum merupakan 'senjata' yang paling ampuh, namun pendidikan memberikan sekurang-kurangnya dasar bagi perkembangan kemanusiaan. Selain itu pendidikan juga mempunyai segi sosial. Di samping membuat mampu untuk memperjuangkan kepen- tingan orang lain, pendidikan ternyata bisa membunuh orang lain. Dari sinilah jelas bahwa pendidikan itu mempunyai nilai positip dan negatip bagi orang lain. Dengan pendidikan diharapkan orang akan menjadi semakin menusiawi, tetapi juga dapat sebaliknya, Kedwiartian itulah yang membuat pergumulan mengenai masalah pendidikan sebagai ilmu yang tak pernah selesai dan bahkan cenderung semakin rumit menjadi bertambah menarik, karena pendidikan itu menyangkut eksistensi manusia. Bagi kita banga Indonesia hal ini jelas, sebab dari jaman pra kemerdekaan hingga sekarang, masalah pendidikan tiada hentinya diper- soalkan, Dari persoalan-persoalan pendidikan yang pernah muncul, kita belum mengerti bagaimana persisnya Identitas pendidikan itu sendiri, Nah, ini mau mencoba menyajikan kepada pembaca mengenai masalah: MENCARI IDENTITAS PENDIDIKAN. 4aPendidikan a068303