01773 2200229 4500001002100000005001500021035002000036008004100056245005600097100002400153260002900177300002300206084001700229520120500246082001101451650001501462650002201477990001101499990001101510990001101521990001101532INLIS00000000000200420211213025526 a0010-0621001604211213 0 ind 1 aMetodologi Pengajaran Ilmu Pengetahuan Sosial [IPS]1 aSumaatmadja, Nursid aBandung :bAlumni,c1984 a180 hlm. ;c21 cm. a371.03 SUM m aMETODOLOGI PENGAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) Hakekat sebenarnya, bidang studi IPS merupakan perpaduan berbagai pengetahuan sosial. Untuk tingkat SD, intinya merupakan perpaduan antara Geografi dan Sejarah. Untuk SLTP intinya merupakan perpaduan antara Geografi, sejarah, dan ekonomi-koperasi. Sedangkan untuk tingkat SLTA, intinya adalah perpaduan antara geografi, sejarah, ekonomi0koperasi dan antropologi. Di tingkat Perguruan Tinggi, bidang studi sosial. IPS atau studi sosial ini merupakan perpaduan dari berbagai bidang keilmuan Ilmu Sosial. Studi Sosial memiliki perbedaan yang prinsipal dengan ilmu sosial. Sampai saat ini pelaksanaan pengajaran bidang studi IPS di SLTP dan SLTA masih terbagi-bagi. Mengapa? sebab yang pokok ada pada gurunya. Sampai saat ini pendidikan guru belum terarah kepada guru IPS terpadu. Pendidikan guru yang telah dilaksanakan adalah guru mata pelajaran Geografi, guru Sejarah, guru Ekonomi-Koperasi, dan seterusnya. Buku ini dianggap sebagai panduan bagi para Calon guru IPS, dan juga para guru mata pelajaran yang sudah ada, untuk menatar diri sehingga dapat memenuhi tuntutan pendidikan dewasa ini, menjadi guru IPS terpadu, sebagai yang diharapkan. by:of a371.03 4aPendidikan 4aMetode Pengajaran a016705 a016703 a016704 a016706