Ilmu Komunikasi Sekarang Dan Tantangan Masa Depan Mulyana, Deddy Budianto, Heri text Jakarta Kencana 2011 ind 570 hlm. ; 23 cm. Revolusi komunikasi telah melahirkan dua karakter baru komunikasi yang disebut proses masifikasi komunikasi dan demasifikasi. Yang pertama merupakan ciri komunikasi masyarakat industri sedang yang lain disebut sebagai ciri masyarakat informasi yang terjadi secara interaktif melalui jaringan internet atau juga terkenal dengan sebutan cyberspace community.Masifikasi komunikasi yang berlangsung dalam masyarakat industri yang biasanya "padat modal " melahirkan deideologisasi dan dehumanisasi serta melemahnya keadilan sosial akibat berkembangnya kapitalisme, sekularisme, dan pragmatisme. Sebaliknya, dalam masyarakat informasi yang "kaya otak, " malah terjadi ideologisasi, humanisasi, dan keadilan sosial karena setiap individu memiliki banyak waktu untuk melakukan berbagai kegiatan. Hamid, Farid Komunikasi 302.02 302.02 MUL i 978-602-8730-67-9 211124 20211124103005 INLIS000000000014367 Converted from MARCXML to MODS version 3.5 using MARC21slim2MODS3-5.xsl (Revision 1.106 2014/12/19)