02617 2200241 4500001002100000005001500021035002000036245003400056100001800090260003100108300002300139020001800162084001400180520206400194082000802258650001302266008004102279990001102320990001102331990001102342990001102353990001102364INLIS00000000000146420220404070827 a0010-06210010641 aKoperasi :bTeori Dan Praktik1 aSitio, Arifin aJakarta :bErlangga,c2001 a174 hlm. ;c25 cm. a979-688-174-8 a334 SIT k aKOPERASI, TEORI DAN PRAKTEKAda kesan yang berkembang bahwa nilai-nilai dasar koperasi seperti kekeluargaan, gotong-royong, demokrasi, dan kebersamaan yang melekat pada diri koperasi nampaknya kurang dapat mengadopsi dengan cepat setiap perubahan lingkungan strategis. Demikian pula halnya prinsip-prinsip koperasi itu sendiri dinilai kurang dapat memotivasi investor untuk mengembangkan bisnisnya dengan wahana koperasi. Misalnya prinsip demokrasi yang dianut koperasi yaitu satu orang satu suara (one man one aote) nampaknya kurang diminati para pemilik modal yang secara umum menginginkan jumlah suara dalam setiap pengambilan keputusan ditentukan oleh jumlah modal yang diinvestasikannya. Padahal, untuk memasuki pasar global di mana persaingan semakin keras-baik yang menyangkut persaingan kualitas produk, sumber daya manusia, persaingan penguasaan pasar distribusi, dan persaingan pelayanan terhadap para pelanggan-sangat membutuhkan modal yang besar. Bertitik tolak dari kondisi perkoperasian yang muncul di permukaan maka tidak mengherankan apabila ada beberapa pihak yang agak pesimis terhadap eksistensi koperasi sebagai pelaku ekonomi dan bertanya, Apakah koperasi masih layak dikembangkan sebagai wadah ekonomi rakyat yang mampu menghadapi dan bersaing di pasar yarrg semakin mengglobal ? Buku ini mencoba menggali dan membedah teori koperasi ataupun konsep dasar yang dikandung koperasi itu sendiri, kemudian dilanjutkan perannya seba gai badan usaha , cara membagi sisa hasil usaha, dan posisinya dalam berbagai struktur pasar. Dalam buku ini juga disajikan berbagai kasus yang nyata dijumpai di lapangan, yang solusinya dibutuhkan pemikiran yang kreatif. Buku ini diharapkan dapat menjadi referensi utama bagi para pembina, praktisi, mahasiswa, dan para dosen mata kuliah Ekonomi Koperasi ataupun Manajemen Koperasi di perguruan tinggi. Tentunya cara penyajian dan keterkaitan isi antar satu bab dengan bab lain masih membutuhkan penyempurnaan dari berbagai pihak. Oleh sebab itu, saran dan kritik dari para pembaca sangat kami dambakan.(libra) a334 4aKoperasi220404 g 0 ind  a037563 a037559 a037560 a037561 a037562