02507 2200253 4500001002100000005001500021035002000036008004100056245002700097100002000124260003500144300002300179084001700202520192500219082001102144650001502155650001702170990001102187990001102198990001102209990001102220990001102231990001102242INLIS00000000000145320211229102428 a0010-0621001053211229 0 ind 1 aPerubahan Peranan Guru1 aGoble, Norman M aJakarta :bGunung Agung,c1983 a219 hlm. ;c21 cm. a371.01 GOB p aPada akhir bulan Agustus dan awal September lg75 gedung Palais,de.Nati0ns di Jenewa menjadi temlat penyelenggaraan Konperensi pendidikan international (Intematiorul Conference on Education - ICE). Konperensl ini disponsori oleh Unesco dan diselenggarakan oleh salah satu lembaganya yang khusus, yaitu biro Pendidikan Internasional (Interrutiotul htreau of Educiion -- IBE). Di dalam . konperensi itu hadir 4O0 peserta terdiri dari beberapa delegasi, wakil-wakil serta para peninjau negara-negara anggota Unesco, maupun dari berbagai organisasi internasional, antar-pemerintah, dan non pemerintah -- termasuk juga tokoh tokoh yang mewakili profesi guru. Fokus perhatian setiap konperensi itu terbagi antara debat di dalam sidang pleno mengenai `Beberapa kecenderungan utama di bidang pendidikan1 dan diskusi di dalam Komisi dengan mengemukakan tema khusus, yang untuk IEC tahun 1975, ialah `Perubahan peranan guru serta dampaknya terhadap persiapan untuk profesi dan latihan selama dinas . Justru tema lfiusns inilah,yang membbrikan` keseluruhan struktur buku ini oleh Sekretariat tanggung jawab penyusunannya dipercayakan kepada dua delegasi memainkan peranan yang tidak ternilai harganya di dalam konperensi. Mereka itu adalah Norman Goble (Sekretaris Jendraf Federasi Guru Kanada) ditunjuk sebagai pelapor komisi, dan James Porter (Pimpinan Akademi Pendidikan Bulmer, di Inggis) diangkat sebapi salah satu Wakil Ketuanya. Meskipun di dalam pekerjaan itu mereka banyak mengutip dari berbagi dokumen yang tersedia di dalam konperensi maupun dari pembahasan serta pandangan yang dikemukakan oleh para delegasi, namun yang jelas ialah bahwa referensi yang diajukan cukup luas hal ini antara lain disebabkan karena mereka memiliki pengalaman yang lama dan luas di bidang pendidikan dan menguasai penptahuan tangan pertama mengenai beberapa problema guru di dalam suatu masyarakat yang sedang mengalami perubahan yang cepat. a371.01 4aPendidikan 4aPeranan Guru a015131 a015133 a015129 a015130 a015132 a004939