na INLIS000000000013568 20211122013035 211122 0 979-514-163-5 0010-0821000647 659.02 659.02 EFF h Effendy, Onong Uchjana Hubungan Masyarakat Suatu Studi Komunikologis Bandung : Rosdakarya, 2002 177 hlm. ; 23 cm. Hubungan Masyarakat Sejak kapan tepatnya "hubungan masyarakat " itu ada, sukar ditelusuri. Ada yang mengatakan menjelang awal abad Masehi, tetapi ada pula yang menyatakan jauh sebelum itu. Namun, berkembangnya hubungan masyarakat sebelum ilmu terjadi belum lama sehingga ilmu ini termasuk salah satu ilmu yang termuda. Ternyata hubungan masyarakat dapat memecahkan berbagai.persoalan yang biasanya menimbulkan ketegangan, merusak popularitas, yang akhirnya menghambat pelaksanaan usaha organisasi, badan, atau lembaga dalam mencapai tujuannya " Tidak jarang pula ketegangan itu dilampiaskan di dalam bentuk pemogokan, pemboikotan, bahkan perusakan, yang tentunya akan lebih merugikan lagi. ltulah sebabnya orang mulai inenyadari pentingnya ada humas, singkatan dari hubungan masyarakat, baikdalam organisasi perusahaan maupun organisasi non-profit,dari organisasi terendah, seperti desa atau Taruna Karya, sampai tingkat tertinggi, seperti pemerintah pusat atau perusahaan raksasa multinasional. Pelaksanaan humas yang baik bisa meningkatkan komunikasi intern maupun ekstern. lni berarti memperlancar usaha mencapai tujuan. Dalam bidang usaha berarti meningkatkan laba. Humas Komunikasi 012510 012511 012512 012513 012514