01784 2200253 4500001002100000005001500021008004100036020001800077035002000095082001100115084001700126100002700143245005000170260003300220300002300253520117400276600001001450650001501460990001101475990001101486990001101497990001101508990001101519INLIS00000000001356820211122013035211122 0  a979-514-163-5 a0010-0821000647 a659.02 a659.02 EFF h1 aEffendy, Onong Uchjana1 aHubungan Masyarakat Suatu Studi Komunikologis aBandung :bRosdakarya,c2002 a177 hlm. ;c23 cm. aHubungan Masyarakat Sejak kapan tepatnya "hubungan masyarakat " itu ada, sukar ditelusuri. Ada yang mengatakan menjelang awal abad Masehi, tetapi ada pula yang menyatakan jauh sebelum itu. Namun, berkembangnya hubungan masyarakat sebelum ilmu terjadi belum lama sehingga ilmu ini termasuk salah satu ilmu yang termuda. Ternyata hubungan masyarakat dapat memecahkan berbagai.persoalan yang biasanya menimbulkan ketegangan, merusak popularitas, yang akhirnya menghambat pelaksanaan usaha organisasi, badan, atau lembaga dalam mencapai tujuannya " Tidak jarang pula ketegangan itu dilampiaskan di dalam bentuk pemogokan, pemboikotan, bahkan perusakan, yang tentunya akan lebih merugikan lagi. ltulah sebabnya orang mulai inenyadari pentingnya ada humas, singkatan dari hubungan masyarakat, baikdalam organisasi perusahaan maupun organisasi non-profit,dari organisasi terendah, seperti desa atau Taruna Karya, sampai tingkat tertinggi, seperti pemerintah pusat atau perusahaan raksasa multinasional. Pelaksanaan humas yang baik bisa meningkatkan komunikasi intern maupun ekstern. lni berarti memperlancar usaha mencapai tujuan. Dalam bidang usaha berarti meningkatkan laba. 4aHumas 4aKomunikasi a012510 a012511 a012512 a012513 a012514