05576 2200265 4500001002100000005001500021035002000036008004100056245004400097100001600141250000600157260003100163300002300194020001800217084001400235520497300249082000805222650001405230990001105244990001105255990001105266990001105277990001105288990001105299INLIS00000000000137220221101091829 a0010-0621000972221101 g 0 ind 1 aStatistik :bTeori Dan Aplikasi Jilid 21 aSupranto, J a6 aJakarta :bErlangga,c2001 a380 hlm. ;c25 cm. a979-688-067-9 a310 SUP s aSTATISTIK, TEORI DAN APLIKASINYA Agar suatu organisasi bisnis seperti perusahaan dapat berkembang, tumbuh, atau paling tidak bertahan hidup (suraiae), organisasi tersebut harus mampu menghasilkan produk (barang/jasa) yang mutunya lebih baik, harga lebih murah, pengerahan lebih cepat, dan pelayanan lebih baik dari pesaingnya. Semua ini dilakukan dalam upaya memberikan kepuasan kepada para pelanggan (nasabah bank, tamu hotel, pembeli di pasar swalayan, turis asing domestik, pelanggan TELKOM, PAM, PLN, penumpang GIA, MERPATI, MANDALA, BOURAQ, PELNI, PIKA, pasien rumah sakit, dan lain sebagainya). Pelanggan yang puas akan membeli berkali-kali, mengajak orang lain membeli, bercerita tentang hal yang bagus mengenai produk atau perusahaan yang menghasilkan produk. Penjualan akan meningkat, dan pada akhirnya laba perusahaan juga akan meningkat. Berapa persen pelanggan tidak puas? Berapa rata-rata pembelian per pembeli atau berapa sering pembeli membeli dalam satu minggu/bulan/tahun? Berapa jumlah produksi, jumlah penjualan, berapa persen barang tidak laku, berapa lama waktu yang diperlukan untuk mengerahkan produk secara rata-rata,berapa rata-rata tingkat kepuasan pelanggan dengan menggunakan Skala LIKERT: 5 untuk sangat puas, 4 puas, 3 netral,2 tidak puas dan 1 sangat tidak puas? Data statistik tersebut akan diperlukan pimpinan. Harus ada orang yang mampu mengumpulkan, mengolah, menyajikan dan menganalisis data. Revisi buku yang keenam ini dilengkapi dengan contoh data yang mutakhir, agar bermanfaat bukan saja bagi para mahasiswa tetapi jrga bagi siapa saja yang akan belajar statistik sebagai dasar pembuatan keputusan, baik dalam perusahaan maupun pemerintahan. Bila Anda simak isi ]ilid 2 buku Statistik: Teori dan Aplikasi Edisi Keenam ini, Anda akan melihat adanya berbagai revisi dan perubahan dari edisi sebelumnya. Perubahan ini semata-mata dimaksudkan agar isi buku semakin memenuhi standar kualitas yang diharapkan serta untuk menyesuaikan susunan materi pokok bahasan dengan perkembangan pengajaran statistik di perguruan tinggi. Perubahan ini terjadi karena materi mengenai Probabilitas yang pada edisi sebelumnya ditempatkan di Bab 1 Jilid 2, dipindahkan ke Iilid 1 edisi keenam. Ini merupakan Penyesuaian terhadap kurikulum mata kuliah statistik yang menghendaki Probabilitas diajarkan pada semester satu. Sementara itu, materi pada Variabel Acak dan Nilai Harapan mengalami perubahan Iang cukup signifil,:an. Susunan materi pokok bahasan, contoh-contoh soal, maupun soal dan latihan, semuanya telah mengalami perbaikan. Begitu pula penyusunan kalimat dilakukan sedemikian rupa sehingga lebih singkat dan padat. Sebelumnya merupakan Bab 3. Pada bab ini ditambahkan dua materi baru yaitu mengenai Distribusi Hipergeometrik dan Distribusi Multinomial. Keduapokok bahasan ini merupakan tuntutan perkembangan kurikulum kuliah statistik di berbagai perguruan tinggi. Pembahasan mengenai materi Distribusi Normal juga mengalami perbaikan, baik bahasa maupun Contoh soal. Sedangkan Distribusi hampir tidak mengalami perubahan. Begitu pula pembahasan mengenaiDistribusif. Hal baru lainnya pada Bab 2 adalah diberikannya aplikasi komputer dalam menghitung Distribrli Probubilitas Variabel Diskrit dan Variabel Kontinu. Dalam bab ini juga ditamlahkan sebuah lampiran mengenai nilai harapan dan pendugaan dengan metode Maximum Likelihood. Sebelumnya merupakan Bab 4. Bab ini pun banyak mengalami perubahan, terutama pada bagian-bagian mengenai arti penarikan sampel, penarikan simpel acak sederhana, praktikum dari populasi terbatas dan tak terbatas, serta distribusi penarikan sampei. Kalimat-kalimat pada pembahasan tersebut lebih dipersingkat dan diperjelas sehingga lebih memudahkan pemahaman. Di akhir bab ini disertakan pembahasan mengenai penggunaan komputer untuk melakukan pendugaan interval baik untuk kasus sampel besar maupun kasus sampek kecil. Pertanyaan dan Latihan juga diperbanyak dan diperbaharui sebelumnya merupakan Bab 5. Pada bab ini dapat dikatakan tidak ada perubahan yang berarti kecuali perbaikan dan penyempurnaan kalimat, penambat an daftar istiiah,-ringkasan rumus, ierta aplikasi komputer untuk melakukan pengujian dua rata-rata. sebelumnya merupakan Bab 6. Dalam bab ini pun dapat dikatakan tidak ada perubahan materi yang cukup berarti kecuali perbaikan dan Penyempurnaan kalimat serta contoh-contoh, penambahan daftar istilah penting, ringkasan rumus-rumus/dan aplikasi komputer mengenai penerapan program Microsoft Excel untuk melakukan analisis regresi. Sebelumnya merupakan Bab 7. Sama seperti bab sebelumnya, perubahan pada bab ini pun tidak terlalu signifikan. Ada beberapa rumus yang diperbaiki, perbaikan contoh-contoh soal dan penambahan soal latihan. Selain itu, ada penambahan satu materi baru, yaitu mengenai Analisa Regresi Berganda Berdasarkan Output Komputer. Sebelumnya merupakan Bab 8. Pada bab ini dilakukan penyempurnaan kalimat dan penjelasan, penambahan beberapa contoh soal dan soal latihan. a310 4aStatistik a009654 a001216 a001217 a001218 a001219 a001220