01742 2200241 4500001002100000005001500021008004100036020001800077035002000095082001100115084001700126100001400143245004500157260004900202300002300251520114000274650003101414990001101445990001101456990001101467990001101478990001101489INLIS00000000001256620220525094325220525 g 0 ind  a979-16776-8-9 a0010-0721007825 a371.36 a371.36 MUS s0 aMushthafa1 aSekolah Dalam Himpitan Google Dan Bimbel aYogyakarta :bLKIS Printing Cemerlang,c2013 a326 hlm. ;c18 cm. aDunia pendidikan Indonesia saat ini dikepung oleh berbagai hal yang membuatnya kurang menyasar titik mendasar yang sejati.Pendidikan di sekolah cenderung mengarah pada polacepat saji, terlalu berkiblat pada kepentingan industri, dan kurang peduli untuk menjawab kebutuhan masyarakat terutama kelompok yang terpinggirkan.Guru terjebak dalam rutinitas kesibukan mengajaryang cenderung membelenggu kreativitas.Sedang para pengurus publiksulit menunjukkan visi yang utuh dan mendasar dansering berpola pikir formal-birokratis.Kumpulan artikel dan esai dalam buku ini, yang banyakdi antaranya bertolak dari refleksi di lapangan, berusaha berbagi gagasan dan kepedulian tentang masalah kependidikan di tengah himpitan kecenderungan instan yang membuat kegiatan pendidikan justru bisamengasingkan murid dari kenyataan. Ada tiga tema utama yang dibahas dalam buku ini. Bagian pertama mendiskusikan visi dan hal-hal mendasar dalam kegiatan pendidikan dan pembelajaran. Bagian kedua mengupas literasi dan tantangan era informasi. Bagian ketiga mengupas pendidikan lingkungan sebagai salah satu pintu masuk bagi pendidikan yang lebih kontekstual. 4aMetode Pengajaran Tertentu a059466 a059467 a059468 a059469 a059470