na INLIS000000000012336 20220108104832 220108 g 0 ind 978-602-7985-03-2 0010-0721007595 297.730 9 297.730 9 DAU p Daulay, Haidar Putra Pendidikan Islam Dalam Lintasan Sejarah : Kajian Dari Zaman Pertumbuhan Sampai Kebangkitan I Jakarta : Kencana, 2013 243 hlm. ; 21 cm. PENDIDIKAN ISLAM Dalam Lintasan Sejarah : Kajian dari Zaman Pertumbuhan Sampai Kebangkitan Ditinjau dari esensi sejarah, maka sejarah pendidikan Islam itu tidak hanya menguraikan atau menjelaskan secara deskriptif apa yang terjadi pada masa lampau. tetapi mencakupi juga analisis dari waktu ke waktu serta mengaitkan antara tiga dimensi waktu tanpa terpisah. yaitu: masa lampau, masa sekarang, dan masa yang akan datang. Falsafah tiga dimensi waktu tersebut yang diuraikan dan dianalisis secara mendalam dalam buku ini, serta mengetengahkan `ibrah atau i`tibar apa yang diperoleh dari ungkapan deskripsi sejarah pendidikan Islam tersebut. Pendidikan Islam dalam anti luas tidak hanya terbatas pada proses pentransferan ilmu (knowledge), nilai (value), dan keterampilan (skill) berdasarkan ajaran Islam, namun juga mencakup berbagai hal yang berkaitan dengan pendidikan Islam secara luas, yakni: sejarah pendidikan Islam, pemikiran pendidikan Islam, dan lembaga pendidikan Islam. Berdasarkan metodologi kajian pendidikan Islam tersebut, maka buku ini disusun untuk mengisi dan memperkuat kompetensi pedagogis, kepribadian, sosial, dan profesionalisme calon guru pendidikan agama Islam, baik di sekolah menengah maupun di perguruan tinggi. Buku ini menguraikan, antara lain: pengertian dan metodologi sejarah pendidikan Islam, pertumbuhan dan perkembangan pendidikan Islam, pendidikan Islam pada masa kejayaan, pendidikan Islam pada masa kemunduran, pendidikan Islam pada masa pembaruan, dan pendidikan Islam pada masa kebangkitannya. Pendidikan Islam Sejarah 058411 058412 058413 058414 058415