02200 2200193 4500001002100000005001500021035002000036008004100056245002700097100002100124260003500145300002300180084001700203520173300220082001101953650002501964863000601989990001101995INLIS00000000001226020220407115003 a0010-0721007519220407 g 0 ind 1 aPsikologi Pembelajaran1 aAsrori, Mohammad aBandung :bWacana Prima,c2007 a264 hlm. ;c25 cm. a370.15 ASR p aPsikologi Pembelajaran Berdasarkan Standar Nasional Pendidikan, salah satukompetensi yang harus dimiliki pendidik/guru adalah `Kompetensi Pedagogis` Buku ini dimaksudkan sebagai bukupegangan dalam rangk pengembangan profesi pendidik untuk menguasai kompetensi pedagogis tersebut.Pemahaman terhadap perkembangan aspek-aspek psikologis subjek didik sangat penting bagi pendidik untuk dapat menyelenggarakan proses pembelajaran secara arif dan berkualitas. Sebab, proses pembelajaran merupakan suatu proses yang kompleks karena melibatkan berbagai faktor yang hams dirancang dengan baik sehingga faktorfaktor tersebut membangun suatu harmoni dalam suatu sistem pembelajaran. Proses pembelajaran harus mampu memadukan faktor-faktor dasar yang ada dalam diri subjek didik disertai kemampuan guru untuk melakukan improvisasi dan berbagai "behavior repertoire ". Dengan cara demikian, akan tercipta proses pembelajaran yang menyenangkan, membuat subjek didiknya merasa betah, mampu mengekspresikan potensinya, dan akhirnya berhasil mengantarkannya mencapai tujuan yang diidamkan.Untuk dapat menciptakan suatu perpaduan harmonis penuh improvisasi dalam proses pembelajaran, seorang guru/pendidik selain kaya akan kiat-kiat pembelajaran, yang tidak kalah pentingnya, juga hams memiliki bekal pemahaman mendalam tentang subjek didiknya. Buku Psikologi Pembelajaran ini menawarkan berbagai pemikiran konseptual-teoretik dan aplikasi-praktik untuk memudahkan guru/pendidik menerapkannya dalam proses pembelajaran nyata di kelas.Akhirnya, sebagaimana lazimnya seorang penulis, tentunya ada secercah harapan yang senantiasa digantungkan, yakni mudah-mudahan buku ini dapat bermanfaat bagi siapa pun yang membaca, memahami, dan mengamalkannya. a370.15 4aPsikologi Pendidikan a1 a058047