04138 2200229 4500001002100000005001500021035002000036008004100056245003100097100002100128260003100149300002200180084001700202520359600219082001103815650002703826990001103853990001103864990001103875990001103886990001103897INLIS00000000001148820211110100907 a0010-0721006747211110 0 ind 1 aMengenal Dunia Kanak-kanak1 aKartono, Kartini aJakarta :bRajawali,c1985 a84 hlm. ;c20 cm. a372.02 KAR m aMENGENAL DUNIA KANAK-KANAKMenyenangkan sekali kalau kita melihat sekelompok anak-anak yang sedang bermain kejar-kejaran.mendengar tawanya yang berderai, melihat gerakan tubuh yang jarang berhenti. Setelah nafas mulai memburu, mereka berhenti bermain sebentar. Tidak lebih dari tiga menit mereka telah bergerak kembali denganteriakan-teriakan yang penuh kegembiraan. Ini adalah salah-satu sisi kehidupan dunia kanak-kanak yang dapat kita amati di sekolah tman anak-Kanak sekolah dasar atau di tempat-tempat rekreasi anak-anak` Mereka bergerak secara spontan karena ada kebutuhan pokok di dalam dirinya. Mereka mengalami pertumbuhan dan perkembangan baik secara jasmani, jiwani, rohani dan sosialnya. Sebagai pendidik atau pembimbing kita akan heran kalua melihat seorang anak yang secara wajar aktif, banyak gerak, penuh energi menampakkan tingkah-laku yang sangat agresif disertai sikap menentang kepada guru atau orlrg dewasa lainnya. Nampaknya ada gangguan emosi pada anak ini Tetapi kalau kita mengamati anak lain lagi, kita juga dapat heran ada anak yang tak peduli terhadap tugas belajarnva sehingga membuat gurunya patah semangat dalam mengajar di kelas Lebih heran lagi kalau ada anak yang pendiam sekali, penakut` cepat menangis prestasi belajarnya rendah walaupun tingkat kecerdasannya rata-rata atau normal dan keadaan anak lain yang sejenis. Sebenarnya kiia tidak perlu terlalu heran karena ini juga merupakan salah-satu sisi kehidupan dunia kanak-kanak yang mengalami gangguan dan yang membutuhkan pertolongan dari guru atau konselor sekolahnya Untuk dapat menolong anak seperti di atas langkah pertama adalah mengenal dunia anak tersebut sebelum kita mencari penyebabnya Kalau Anda menelusuri apa yang menyebabkan gangguan pada kehidupan di atas dengan membaca buku ini, maka Anda akan menemukan salah-satu penyebab yaitu: adanya perlakuan yang salah dari orang tua terhadap anak` Misalnya terlalu memanja terlalu melindungl, terlalu menuntut mengkritik dan sebagainya. Adaiya perlakuan yang salah dari orang tua terhadap menghambai pembinaan Generasi Muda Indonesia sehingga gambaran adanya anak yang seperti digariskan dalam GBHN seperti di bawah ini s,rkarlah dicaPai` `Tujuan pembinaan generasi muda adalah untuk mewujudkan kader penerus perjuangan bangsa dan pembangunan nasional yang pancasilais dan melaksanakan melalui usaha-usaha meningkatkan ketakwaan kepada tuhan Yang Maha Esa` menanamkan dan menumbuhkan kesadaran berbangsa dan bernegara, mempertebal idealisme, semangat patriotisme dan harga diri,memperkokohkepribadilrndandisiplin` mempertinggi ,budi pekerti, memupuk kesegaran jasmani dan daya kreasi, mengembangkan kepemimnan, ilmu, lieterampilan dan kepeloporan- serta mendorong partisipasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dan dalam, pelaksanaan pembangunan nasional. ` Melalui buku ini pembaca diajak mengenal dunia kanak-kanak dengan cara mengenal gambaran mereka, fase-fase perkembangan kecerdasannya agat mampu memberikan pertolongan atau bimbingan bagi anak-anak di Taman Kanak-Kanak atau jenjang pendidikan berikutnYa. Buku ini terbit atas kerja sama Pusat Bimbingan universitas Kristen satya wacana salatiga dengan Penerbit cv. Rajawali. Karangan-karangan dalam buku ini merupakan suntingan karangan-karangan di Majalah Gema Bimbingan terbitan Pusat Bimbingan yang telah disunting oleh Dra.KartiniKartono. Semoga buku ini bermanfaat bagi pendidikdan pembimbing yang ingin mengenal anak-anak, dan berusaha menolong atau mernbimbing mereka menjadi generasi penerus cita-cita perjuangan bangsa. dan semoga buku ini dapat bermanfaat bagi kita semua. a372.02 4aPendidikan Kanak-kanak a010967 a010966 a010968 a010969 a010970