03075 2200229 4500001002100000005001500021035002000036008004100056245005800097100001800155260003600173300002200209020001800231084001800249520248300267082001202750650002502762650002502787990001102812990001102823990001102834INLIS00000000000115420220627095712 a0010-0621000754220627 g 0 ind 1 aPendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan SLTP Kelas 11 aBasri, Yusmar aJakarta :bBalai Pustaka,c2003 a62 hlm. ;c21 cm. a979-407-664-3 a370.11P BAS p aPENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN, SLTP KELAS 1 Dalam penjelasan Pasal 39 Ayat(2) UU No. 2 Tahun 1989, tentang Sistem Pendidikan Nasional, disebutkan bahwa Pendidikan Pancasila mengarahkan perhatian kepada moral yang diharapkan diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari, yaitu perilaku yang memancarkan iman dan takwa terhadap Tuhan Yang Maha Esadalam masyarakat yang terdiri atas berbagar golongan agama perilaku yang bersifat kemanusiaan dalam masyarakat yang beraneka ragam kepentingon, perilaku yang mendukung kerakyatan yang mengutamakan kepentingan bers ama di atas kepentingan perorangan dan golongan, serta perilaku yang mendukung upaya untuk mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Pendidikan Kewarganegaraan merupakan usaha membekali peserta didik dengan pengetahuan dan kemampuan dasar yang berkenaandengan hubungan antarwarganegara dengan negara serta pendidikan pendahuluan bela negara agar menjadi warga negara yang dapat diandalkan oleh bangsa dan negara. Berdasarkan hal-hal tersebut di atas, buku siswa Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) ini disusun dengan urutan penyajian sebagai berikut. a. Teks bacaan utama dari pokok bahas an adalah nilai dan sikap. Penggunaan judul ini dimaksudkanagar paru guru dan siswa mengetahui nilai dan sikap apa yang berkembang pada diri siswa selama mereka mempelajari teks tersebut. Pada Bagian Kedua (Butir A) dalam setiap pelajatan terdapat sub judul Pendalaman Materi. Melalui bagian ini para siswa diharapkan dapat menambah wawasan dan pengetahuan yang berkaitan dengan materi yang telah diulas dalam bagian teks bacaan utama. Bentuk penyajian dalam bagian ini berupa pertanyaan atau tugas-tugas yang sifatnya memperkaya, memperluas, dan memperdalam pemahaman konsep. c. Pada Bagian Ketiga (Butir B) disajikan penjabaran materi pelajaran yang lebih diarahkan pada pengembangan nilai dan sikap, yang bentuknya dapat berupa analisis kasus ataupun memberikan tanggapan terhadap peristiwa, kejadian, atau kondisi tertentu. d. Pada Bagian Keempat (Butir C) disajikan penjabaran dari Butir Ketiga materi pelajaran pada setiap pokok bahasan. Kegiatan dalam bagian ini lebih diarahkan pada pengamalan nilai yang perlu dilakukan. Penggunaan buku siswa ini dalam kegiaan belajar-mengajar haruslah memperhatikan buku panduan pengajaran PPKn secaracermat. Dengan demikian, tujuan PPKn yang lebih menekankan pada pendidikan moral yang diharapkan diwujudkan dalam perilaku kehidupan sehari-hari.(libra) a370.11P 4aPendidikan Pancasila 4aStudi Dan Pengajaran a015082 a015081 a015083