na INLIS000000000011412 20220713025338 0010-0721006671 220713 g 0 ind Aplikasi Supplay Chain Management Dalam Dunia Bisnis Siagian, Yolanda M Jakarta : Grasindo, 2005 231 hlm. ; 23 cm. 979-759-100-x 650 SIA a Setiap perusahaan pasti memiliki ketergantungan dengan pihak lain. upaya perusahaan untuk menggalang kerja sama dengan mitranya sehingga setiap bagian merasa menjadi bagaian dalam mata rantai yang saling berhubungan. Kesuksesan tidak mungkin diperoleh hanya oleh satu bagian mata rantai saja, tapi dimulai dari pemasok hingga bahan jadi sampai ke tangan konsumen akhir. Hal inilah yang banyak di bahas dalam konsep Supplay Chain Management /logistik bisnis. SCM menegaskan interaksi antar fungsi produksi dan pemasaran dalam suatu rantaian kegiatan. Memanfaatkan kesempatan untuk meningkatkan pelayanan dan penurunan biaya dapat dilakukan melalui koordinasi dan kerjasama anatara pengadaan bahan baku dan pendistribusiannya. Rantai pasokan ini juga merupakan jaringan atau jejaring dari berbagai organisasi yang saling berhubungan menekankan pada pola terpadu yang menyangkut proses aliran produk dari supplier, manufaktur, retailer hingga kepada konsumen akhir yang mempunyai tujuan yang sama, yaitu sebaik mungkin menyelenggarakan pengadaan atau penyaluran barang tersebut. Mekanisme komunikasi dan informasi antara berbagai komponen tersebut berlangsung transparan, terbuka dan berlangsung secara terus menerus. Mahasiswa dan dosen fakultas ekonomi dan fakultas ilmu sosial dan politik sudah sepantasnya memiliki buku ini. Praktisi sangat di anjurkan membaca buku ini. 650 Manajemen Bisnis 019620 019618 019619 019621 019622