02380 2200205 4500001002100000005001500021035002000036008004100056245005900097100002000156260005800176300002200234084001900256520182300275082001302098650003002111990001102141990001102152990001102163INLIS00000000000112620221005024610 a0010-0621000726221005 0 1 aFisika 1 SMA : Energi Dan Usaha, Listrik Dan Gelombang aKagiarti, Nia M aJakarta :bHambert Duta Transparansi Sejahtera,c1987 a47 hlm. ;c28 cm. aR.530.07 KAG f aFISIKA SMA 1 Peningkatan mutu pendidikan seperti yang diamanatkan oleh Garis-Garis Besar Haluan Negara, Undang-Undang Dasar 1945, dan Undang-Undang No. 2 tahun 1989 tentang Sistim Pendidikan Nasional yang dewasa ini sedang digalakkan oleh pemerintah, khususnya oleh Departemen Pendidikan dan Kebudayaan dengan berbagai upaya, Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menyediakan alat bantu belajar pendidikan untuk semua mata pelajaran yang sesuai dengan kurikulum yang berlaku, maka diciptakanlah media transvisi ini oleh para pakar bidang studi Matematika maupun Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), juga pakar bidang media dan bahasa. Materi transvisi ini juga telah diujicobakan dan dilokakaryakan di beberapa sekolah, baik di dalam maupun di luar Jawa dengan hasil yang cukup baik. Guna menunjrang efisiensi dan efektivitas penggunaan alat bantu belajar yang dimaksud, maka dibuatlah media transvisi untuk seluruh mata pelajaran di sekolah baik pada jenjang pendidikan Sekolah Dasar, Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama maupun Sekolah Lanjutan Tingkat Atas, dengan maksud memudahkan bagi para guru menggunakan alat bantu belajar guna meningkatkan aktivitas dan motivasi belajar para peserta didik. Pembuatan media transvisi ini berdasarkan kurikulum yang berlaku dengan menggunakan pendekatan Cara Belajar Siswa Aktif (CBSA) dan memanfaatkan media transparansi. Penggunaan media ini memang masih tergolong baru, namun dipandang cukup efektif dan efisien dalam rangka mengantarkan para peserta didik untuk menyerap materi pelajaran secara mudah dan kongkrit, sebab teknik penyajiannya mudah dicerna, memiliki sifat fleksibilitas dan estetis yang tinggi, serta relevan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dewasa ini. Bahkan diharapkan menimbulkan suatu imajinasi yang tinggi bagi para peserta didik.(libra) aR.530.07 4aFisika Studi & Pengajaran a006024 a006025 a006022