02468 2200205 4500001002100000005001500021035002000036008004100056245008000097100002000177260005800197300002200255084001900277520188600296082001302182650001102195650001902206650002602225990001102251INLIS00000000000111920221005120038 a0010-0621000719221005 0 ind 1 aBuku Petunjuk Guru Fisika 1 SMA :bEnergi Dan Usaha, Listrik, Dan Gelombang1 aKagiarti, Nia M aJakarta :bHambert Duta Transparansi Sejahtera,c1987 a17 hlm. ;c28 cm. aR.530.07 KAG b aBUKU PETUNJUK GURU, FISIKA SMA 1, ENERGI DAN USAHA, LISTRIK, DAN GELOMBANG Peningkatan mutu pendidikan seperti yang diamanatkan oleh Garis-Garis Besar Haluan Negara, Undang-Undang Dasar 1945, dan Undang-Undang No. 2 tahun 1989 tentang Sistim Pendidikan Nasional yang dewasa ini sedang digalakkan oleh pemerintah, khususnya oleh Departemen Pendidikan dan Kebudayaan dengan berbagai upaya. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menyediakan alat bantu belajar pendidikan untuk semua mata pelajaran yang sesuai dengan kurikulum yang berlaku, maka diciptakanlah media transvisi ini oleh para pakar bidang studi Matematika maupun Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), juga pakar bidang media dan bahasa, Materi transvisi ini juga telah diujicobakan dan dilokakaryakan di beberapa sekolah, baik di dalarri maupun di luar Jawa dengan hasil yang cukup baik. Guna menunjang efisiensi dan efektivitas penggunaan alat bantu belajar yang dimaksud, maka dibuatlah media transvisi untuk seluruh mata pelajaran di sekolah baik pada jenjang pendidikan Sekolah Dasar, Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama maupun Sekolah Lanjutan Tingkat Atas, dengan maksud memudahkan bagi para guru menggunakan alat bantu belajar guna meningkatkan aktivitas dan motivasi belajar para peserta didik. Pembuatan media transvisi ini berdasarkan kurikulum yang berlaku dengan menggunakan pendekatan Cara Belajar Siswa Aktif (CBSA) dan memanfaatkan media transparansi, Penggunaan media ini memang masih tergolong baru, namun dipandang cukup efektif dan efisien dalam rangka mengantarkan para peserta didik untuk menyerap materi pelajaran secara mudah dan kongkrit, sebab teknik penyajiannya mudah dicerna, memiliki sifat fleksibilitas dan estetis yang tinggi, serta relevan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dewasa ini. Bahkan diharapkan menimbulkan suatu imajinasi yang tinggi bagi para peserta didik.(libra) aR.530.07 4aFisika 4aBuku Pelajaran 4aSekolah Menengah Atas a006021