01911 2200253 4500001002100000005001500021035002000036008004100056245002700097100001800124250000600142260003000148300002300178020002200201084001700223520133100240082001101571650002501582863000601607990001101613990001101624990001101635990001101646INLIS00000000001109420220215033258 a0010-0721006353220215 g 0 ind 1 aPsikologi Perkembangan1 aJahja, Yudrik aI aJakarta :bKencana,c2013 a490 hlm. ;c23 cm. a978-602-8730-44-0 a370.15 JAH p aPSIKOLOGI KEMBANGAN Subjek dan objek pendidikan ialah individu manusia. Psikologi memberikan wawasan bagaimana memahami perilaku individu (manusia) dalam proses pendidikan dan bagaimana membantu individu agar dapat berkembang secara optimal.Psikologi perkembangan sebagai bagian dari psikologi, merupakan keilmuan khusus yang mempelajari kekhususan tingkah laku individu (manusia). Disiplin ilmu ini mempelajari secara sistematis perkembangan perilaku individu manusia secara ontogenik, yakni mempelajari struktur jasmani, perilaku, dan fungsi mental manusia sepanjang rentang hidupnya dari masa konsepsi hingga menjelang akhir hayatnya.Buku Psikologi Perkembangan ini membahas pengertian dan konsep dasar psikologi perkembangan, yang diharapkan dapat membantu masyarakat khususnya dan para pendidik pada umumnya di dalam memahami secara cepat dan tepat perihal psikologi perkembangan. Selain aspek dan metodologi dasar psikologi, buku ini secara lengkap membahas fase perkembangan individu manusia (dari masa kandungan, masa bayi, masa awal anak, masa akhir anak, masa remaja, masa dewasa, dan masa tua) pengertian pertumbuhan, kematangan, dan perkembangan prinsip-prinsi pendukung bangan pada pertumbuhan perkembangan teori perkembangan aspe perkembangan pendidikan anak serta psikologi perkembangan pendidikan di Indonesia. a370.15 4aPsikologi Pendidikan a3 a055838 a055840 a055841 a055842