02446 2200253 4500001002100000005001500021035002000036008004100056245008400097100001200181250001200193260003000205300002200235020002300257084001700280520180500297082001102102650002402113990001102137990001102148990001102159990001102170990001102181INLIS00000000001108620221013104515 a0010-0721006345221013 g 0 ind 1 aDesain Pendidikan Karakter :bKonsepsi Dan Aplikasinya Dalam Lembaga Pendidikan0 aZubaedi aEdisi I aJakarta :bKencana,c2012 a408 hlm. ;c24 Cm a9798-602-8730-85-3 a370.02 ZUB d aKompleksitas permasalahan seputar karakter atau moralitas anak bangsa ini telah menjadi pemikiran sekaligus keprihatinan bersama semua komponen bangsa. Krisis karakter atau moralitas itu ditandai oleh meningkatnya kejahatan tindak kekerasan,penyalahgunaan obat terlarang (narkoba), pornografi dan pornoaksi, serta pergaulan bebas (seks bebas) yang sudah menjadi masalah atau patologi sosial dalam masyarakat. Adapun krisis moral lainnya yang sungguh nyata terjadi ialah perilaku korup yang telah mentradisi di tengah-tengah masyarakat. Selain itu, krisis kepercayaan pun terjadi pada elite politik, yakni perilaku korup yang semakin mengkhawatirkan. Demoralisasi ini karena proses pembelajaran cenderung mengajarkan pendidikan moral dan budi pekerti sebatas tekstual semata dan kurang mempersiapkan siswa didik untuk menyikapi kehidupan yang kontradiktif tersebut.Buku ini membahas makna dan urgensi pendidikan karakter, ruang lingkup pendidikan karakter, format pembelajaran pendidikan karakter, pendidikan karakter dengan pola integralistik, dan implementasi praktis pendidikan budi pekerti secara integralistik di sekolah. Dengan demikian,siswa didik bisa menghadapi fenomena dan dilema kehidupan itu secara benar.Penting untuk para pendidik, peserta didik, dan orang tua (keluarga) yang ingin memahami bagaimana pentingnya karakter, akhlak, moralitas, dan sikap sosial yang harus dimiliki dan dikuasai dalam kehidupan sosial kemasyarakatan. Bagi para peneliti di bidang pembelajaran, buku ini penting untuk menguji kesahihan berbagai teori pembelajaran dalam konteks pendidikan karakter. Bagi para praktisi, buku ini pun dapat dimanfaatkan sebagai referensi tambahan dan unggulan dalam menelisik pembelajaran karakter, serta dalam mengembangkan program pembelajaran karakter yang lebih aplikatif. a370.02 4aPendidikan Karakter a055598 a055599 a055600 a055601 a055602