na INLIS000000000010682 20220223040210 0010-0721005941 Psikologi Pendidikan Teori Dan Aplikasi Dalam Proses Pembelajaran / Ratri, Rose Kusumaning Irham, Muhammad Yogyakarta : Arruz Media, 2013 328 hlm. ; 21 cm. 978-602-7874-27-5 370.15 IRH p PSIKOLOGI PENDIDIKAN Teori dan Aplikasi dalam Proses Pembelajaran Di antara tanggung jawab guru adalah membantu siswa agar dapat belajar dengan baik dan memperoleh prestasi yang Iebih baik. Makanya, siswa yang mengalami permasalahan dalam belajar menjadi tugas tersendiri bagi guru untuk menangani dan menyelesaikannya. Di sinilah urgensi guru menguasai bidang psikologi pendidikan, yaitu pandai menerapkan prinsip dan pengetahuan psikologis demi membantu siswa yang memiliki karakteristik beragam untuk memperoleh pengalaman belajar yang maksimal dalam membangun kepribadian, kematangan, dan kedewasaan. Psikologi pendidikan adalah sebuah studi yang sistematis tentang psikologi yang membahas dan mempelajari anak didik dalam situasi dan lingkungan pendidikan. Pembahasannya mencakup proses belajar mengajar, terutama bagaimana seharusnya siswa belajar, guru mengajar, serta bagaimana proses belajar dan mengajar seharusnya dilaksanakan. Guru perlu menguasai aspek psikologi pendidikan karena dalam proses dan penerapan pembelajaran tidak pernah sepi dari permasalahan, terutama rendahnya prestasi belajar siswa. Dengan demikian, psikologi pendidikan berperan penting dalam mendampingi dan membimbing guru dalam mencapai keberhasilan proses pembelajaran. 370.15 Psikologi Pendidikan 220223 g 0 ind 13862 054685 054680 054681