01881 2200229 4500001002100000005001500021035002000036245009600056100002000152260003700172300002300209020002200232084001700254520126000271082001101531650002501542008004101567990001001608990001101618990001101629990001101640INLIS00000000001068220220223040210 a0010-07210059411 aPsikologi Pendidikan Teori Dan Aplikasi Dalam Proses Pembelajaran /cRatri, Rose Kusumaning1 aIrham, Muhammad aYogyakarta :bArruz Media,c2013 a328 hlm. ;c21 cm. a978-602-7874-27-5 a370.15 IRH p aPSIKOLOGI PENDIDIKAN Teori dan Aplikasi dalam Proses Pembelajaran Di antara tanggung jawab guru adalah membantu siswa agar dapat belajar dengan baik dan memperoleh prestasi yang Iebih baik. Makanya, siswa yang mengalami permasalahan dalam belajar menjadi tugas tersendiri bagi guru untuk menangani dan menyelesaikannya. Di sinilah urgensi guru menguasai bidang psikologi pendidikan, yaitu pandai menerapkan prinsip dan pengetahuan psikologis demi membantu siswa yang memiliki karakteristik beragam untuk memperoleh pengalaman belajar yang maksimal dalam membangun kepribadian, kematangan, dan kedewasaan. Psikologi pendidikan adalah sebuah studi yang sistematis tentang psikologi yang membahas dan mempelajari anak didik dalam situasi dan lingkungan pendidikan. Pembahasannya mencakup proses belajar mengajar, terutama bagaimana seharusnya siswa belajar, guru mengajar, serta bagaimana proses belajar dan mengajar seharusnya dilaksanakan. Guru perlu menguasai aspek psikologi pendidikan karena dalam proses dan penerapan pembelajaran tidak pernah sepi dari permasalahan, terutama rendahnya prestasi belajar siswa. Dengan demikian, psikologi pendidikan berperan penting dalam mendampingi dan membimbing guru dalam mencapai keberhasilan proses pembelajaran. a370.15 4aPsikologi Pendidikan220223 g 0 ind  a13862 a054685 a054680 a054681