02003 2200289 4500001002100000005001500021035002000036008004100056245004300097100002000140260003500160300002300195020002200218084001800240520132300258082001101581650001301592600002101605990001001626990001101636990001101647990001101658990001101669990001101680990001101691990001101702INLIS00000000000991520220106033807 a0010-0721005174220106 g 0 ind 1 aPemikiran Pendidikan Islam Ibn Khaldun1 aKosim, Muhammad aJakarta :bRineka Cipta,c2012 a179 hlm. ;c24 cm. a978-979-098-035-8 a297.731 KOS p aKemajuan ilmu pengetahuan tentunya tidak terlepas dari kualitas pendidikan, sebab ilmu pengetahuan merupakan kajian utama dari pendidikan. artinya ketika ilmu pengetahuan berkembang pesat, sudah bisa dipastikan bahwa pendidikan yang dikembangkan jelas berkualitas. jika Dunia Barat dipandang lebih maju dalam pengembangan ilmu pengetahuan, maka kualitas pendidikan yang mereka kembangkan pun tentunya terdepan. bengan demikian dalam pemahaman dan penerapan teori-teori pendidikan, para sarjana Barat pun kerap dijadikan sebagai referensi oleh para pemikir dan pelaksana pendidikan. Mereka menganggap bahwa teod yang dilahirkan dan dikembangkan oleh para sarjana Barat Iebih akurat dan mampu menjawab persoalan pendidikan kapan dan dimana pun. Buku ini mengkaji secara komprehensif tentang pemikiran pendidikan Islam Ibn Khaldun. Pemikiran tersebut digali dad karyanya yang terkenal, yaitu Muqaddimah. Meskipun kitab tersebut bukan kitab atau buku pendidikan, akan tetapi di dalamnya terdapat pemikiran pendidikan Islam Ibn Khaldun yang khas, jika dibandingkan dengan pemikiran yang berkembang pada seat itu. Buku ini hendaknya bisa memberikan kontribusi berharga bagi mahasiswa, guru, hingga kepada yang peduli terhadap pendidikan, sehingga berguna untuk meningkatkan kualitas pendidikan Islam, khususnya di Indonesia. a297731 4aFilsafat 4aPendidikan Islam a13077 a052775 a052780 a052775 a052776 a052777 a052778 a052779