02157 2200421 4500001002100000005001500021008004100036020002200077035002000099082001400119084002000133100002100153245004200174260003500216300002300251520122800274650001401502650001601516863000601532990001101538990001101549990001101560990001101571990001101582990001101593990001101604990001101615990001101626990001101637990001101648990001101659990001101670990001101681990001101692990001101703990001101714990001001725INLIS00000000000986520220112120805220112 g 0 ind  a978-979-518-992-3 a0010-0721005124 a362.106.8 a362.106.8 HAR m aHartono, Bambang1 aManajemen Pemasaran Untuk Rumah Sakit aJakarta :bRineka Cipta,c2010 a282 hlm. ;c24 cm. aManajemen Pemasaran Untuk Rumah sakit Dewasa ini Rumah Sakit telah berkembang menjadi organisasi semi bisnis. karena itu Rumah Sakit harus bersifat Sosio ekonomik. Dengan cara bagaimanapun, Rumah Sakit harus dapat meningkatkan pendapatannya untuk menutup pengeluarannya. dewasa ini hampir dapat dikatakan, Rumah Sakit tidak banyak menerima bantuan/subsidi, terutama dari Pemerintah. Maka, Rumah Sakit memerlukan pemasaran. Pemasaran Rumah Sakit sesungguhnya merupakan mekanisme pemberian informasi kepada calon konsumen/pasien, agar konsumen memahami produk dan dapat mengambil keputusan yang prudent tentang Iayanan yang akan dikonsumsinya. Sampai awal abad 21, pemasaran Rumah Sakit memang merupakan sesuatu yang dianggap tabu oleh dunia kedokteran dan kesehatan, termasuk dalam pengelolaan Rumah Sakit. Padahal sesungguhnya pemasaran adalah konsep sekaligus metode untuk menjadikan sebuah Rumah Sakit berorientasi kepada klien/pasiennya. Buku ini akan memberikan wawasan, bukan saja kepada mahasiswa, juga kepada praktisi manajemen Rumah Sakit. Dalam buku ini diangkat Konsep Pemasaran untuk Rumah Sakit Rumah Sakit yang responsif/adaptif, Riset dan Informasi Pemasaran Hubungan Masyarakat Mengorganisasi Pemasaran, dll. 4aManajemen 4aRumah Sakit a1 a052945 a052945 a052945 a052945 a052946 a052946 a052946 a052947 a052947 a052947 a052948 a052948 a052948 a052949 a052949 a052949 a052950 a13027